Suplemen Olahraga Exercise

Suplemen Olahraga Exercise

Bagi seorang atlet atau mereka yang serius berolah-raga, suplemen mungkin hal yang tidak bisa dipisahkan, termasuk dalam olah raga fitness. Suplemenadalah zat yang berisi vitamin, mineral atau asam amino yang berasal dari tumbuhan atau hewan kemudian dikemas dalam bentuk tablet, kapsul atau cairan.

Suplemen merupakan nutrisi tambahan atau pelengkap namun bukan pengganti makanan itu sendiri. Tubuh membutuhkan nutrisi utama dari makanan pokok yang kita konsumsi setiap hari seperti nasi atau roti untuk karbohidrat, daging atau telur untuk protein, kacang-kacangan untuk lemak serta sayuran dan buah untuk serat.

Suplemen fitness perlu atau tidak ?

Suplemen fitness sering diperdebatkan pemakaiannya oleh fitness mania terutama para pemula. Sebagian fitness mania berpendapat bahwa suplemen fitness itu tidak perlu dalam latihan fitness, sebagian yang lain berpendapat perlu, sebagian lagi bahkan ada fitness mania yang sangat  bergantung pada suplemen fitness dalam pembentukan otot. Sebenarnya, suplemen fitness itu perlu atau tidak dalam olah raga fitness ?

Untuk beraktifitas sehari-hari tubuh memerlukan banyak asupan nutrisi baik karbohidrat, protein, lemak maupun serat. Nah, jumlah nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari sering kali sangat kurang, misalnya jumlah protein. Kebiasaan kita orang Indonesia mengkonsumsi protein dalam jumlah kecil tiap harinya. Misalnya, makan nasi sepiring hanya diimbangi dengan sambal dan dua-tiga potong tempe kecil. Hmmm . . . .

Fitness adalah olah raga yang memerlukan lebih banyak asupan nutrisi, terutama untuk fitness mania. Bagi mereka, fitness selain untuk kebugaran tubuh juga karena sifatnya yang berkaitan dengan pembentukan otot. Dan sumber pembentukan otot tersebut berasal dari protein. Karena itulah, seorang fitness mania memerlukan tambahan nutrisi berupa suplemen fitness untuk memenuhi kekurangan protein.

Sortir berdasarkan:
Tampilan:
Display: List