Minyak Ikan (Omega 3)

Ada alasan yang bagus dari rekomendasi American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika) yang merekomendasikan masyarakatnya untuk mengkonsumsi minyak ikan (fish oil) untuk kesehatan jantung. Minyak ikan mengandung Omega-3 yang tinggi, nutrisi yang sangat diperlukan tubuh tetapi tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh anda.

Banyak penelitian yang telah meneliti kegunaan dari minyak ikan. Tetapi bukti yang paling signifikan didapatkan untuk kesehatan jantung.  Minyak ikan telah terbukti bermanfaat untuk :

1.Menurunkan trigliserid – lemak yang tidak sehat jika di dalam level yang tinggi. (Trigliserid berperan penting pada kolesterol).

2.Mengurangi resiko terjadinya stroke pada orang penderita sakit jantung.

3.Mencegah sakit jantung

4.Memperlambat perkerasan arteri (atherosclerotic plaques)

5.Menurunkan tekanan darah

Kegunaan Lain dari Minyak ikan adalah mengurangi inflamasi :

Omega-3 memiliki karakteristik anti-inflamasi sehingga minyak ikan memilki pengaruh yang signifikan dalam merawat dan mencegah kondisi inflamasi seperti : rheumatoid arthiritis (rematik), ulcerative colitis, dan osteoporosis.

Manfaat lain dari Minyak Ikan :

Ketika ikan telah memiliki reputasi yang panjang sebagai makanan untuk otak, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu anda untuk :

>Mengatasi depresi

>Perkembangan Kesehatan mata dan otak pada balita

>Menghindari penyakit Alzheimer

>Beberapa penelitian meneliti bahwa minyak ikan bisa mengurangi pertumbuhan koloni sel kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak ikan menolong mengatasi mata kering, glukoma dan degrenasi macular yang bisa berujung pada kebutaan.

Minyak ikan : Ikan atau Suplemen ?

Tubuh anda tidak bisa memproduksi Omega-3s. Untuk mendapatkan jumlah yang cukup, anda harus memakan makanan yang memilki Omega-3 atau mengkonsumsi suplemen. Minyak Ikan memiliki dua fatty acids (asam lemak) yang penting yaitu : eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA).

Apa saja yang harus saya perhatikan sebelum mengkonsumsi minyak ikan ?

Jangan Konsumsi minyak ikan jika anda alergi terhadap ikan atau kacang kedelai. Jika anda memiliki alergi terhadap ikan, anda dapat memilih mengkonsumsi Flaxseed Oil. Didapat dari ekstrak flaxseed yang berasal dari tumbuhan (vegetarian tablet) sehingga anda dapat merasakan manfaat yang sama dengan minyak ikan.

Juga jika anda sedang menggunakan obat untuk penyakit dibawah ini. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi minyak ikan.

1.Diabetes

2.Sakit Jantung

3.Sakit Pankreas

4.Thyroid yang kurang aktif

5.Jika anda meminum lebih dari 2 minimuman berakohol perhari.

6.Jika anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis minyak ikan yang harus dikonsumsi. Minyak ikan aman untuk dikonsumsi saat hamil dan menyusui karena memiliki nutrisi penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi. Akan tetapi karena kondisi setiap orang berbeda, dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu.

Demikianlah banyaknya manfaat dari minyak ikan. Tertarik untuk mencoba ? Silahkan lihat berbagai pilihan merk dan jenis dari Fish Oil dari Oztokovitamin.com!

 

Sortir berdasarkan:
Tampilan:
Display: List